5 Fakta Mengejutkan Gempa Di Palu, No 2 Buat Ilmuan Dunia Tercengang! - Rumah Berita Indonesia -->

5 Fakta Mengejutkan Gempa Di Palu, No 2 Buat Ilmuan Dunia Tercengang!

Guncangan keras saat gempa Donggala kemarin mungkin telah menyebabkan longsor bawah laut yang mampu menciptakan gelombang tinggi. Kejadian tsunami besar seperti itu tidak biasa, namun pernah terjadi pada gempa dengan kekuatan 9,64 SR di Alaska pada tahun 1964. Berikut 5 fakta Tentang Gempa di Palu

1. Hampir seluruh alat pendeteksi tsunami rusak sejak tahun 2012 bahkan diseluruh Indonesia dengan alasan biaya operasional yang tiap tahun menurun diduga menjadi salah satu penyebabnya.Sutopo menilai, keberadaan alat deteksi dini tsunami di Indonesia sangat dibutuhkan. Hal ini melihat kondisi perairan yang sangat luas dan rawan tsunami. Hal ini juga menyebabkan banyak korban jiwa, karena tidak mendapatkan peringatan terlebih dahulu.

2. Ilmuan asal Amerika dibuat bingung oleh Tsunami Palu, Menurut mereka gempa dengan kekuatan magnitudo 7,7 kemungkinan kecil membuat ombak sebesar itu hingga merusak.

"Kami (peneliti) mengira ini (gempa) bisa menyebabkan tsunami namun tidak sebesar itu, Ketika peristiwa ini terjadi kami (peneliti) lebih akan menemukan sesuatu hal-hal yang belum kami (peneliti) amati sebelumnya". kata Jason Patton seorang ahli geofisika yang menjadi pengajar di Humboldt State University di Kalifornia. Dikutip dari Tribunnews.com (01/10/2018).

3. Sebanyak 254 gempa susulan terjadi. Dari hari Senin kemarin, 1 Oktober 2018, pukul 11.00 WIB, telah terjadi 254 gempa susulan di Sulawesi Tengah. Meski getarannya mulai menurun, sembilan di antaranya masih dirasakan warga.

Referensi pihak ketiga
4. Terjadi penjarahan minimarket hingga toko alat elektronik bahkan dealer kendaraan yang dilakukan oleh masyarakat palu dan diliput oleh media asing.


5. Ada kejadian unik saat gempa dipalu, dimana sebuah masjid masih terlihat utuh, setelah dihantam gempa dan tsunami. Hanya saja, jembatan penghubung masjid tersebut rusak.

Nah itulah 5 fakta yang berhasil Hitam Putih Rangkum dari berbagai sumber.

Sumber:

Liputan6.com/news/read/3657097/5-fakta-mengejutkan-usai-gempa-tsunami-terjang-palu-dan-donggala

Bali.tribunnews.com/2018/10/02/gempa-palu-buat-bingung-para-ilmuwan-dunia-terkait-dahsyatnya-tsunami-palu-sebut-fenomena-tak-biasa?page=2

anjarmasin.tribunnews.com/2018/10/03/penjelasan-bmkg-soal-ramalan-gempa-jakarta-89-sr-disertai-tsunami-setinggi-5-meter-yang-viral

Iklan Atas Artikel






Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel